Yeiiii,,,akhirnya saya berhasil bikin Sate Padang! 

Sebenarnya bikin sate padang itu gampang, secara tinggal nusukin lidah ke lidi terus dibakar. Bagian tersulit justru pembuatan bumbunya, udah rempah yang dipake banyak, masing-masing rempah punya aroma dan rasa yang kuat. Kalau komposisinya gak pas, rasanya bisa balapan ngeksis.

Terhitung sudah 4 kali saya trial bikin sate padang, dari percobaan pertama sih udah sukses bikin satenya. Tapi bumbunya itu loh,,ga kunjung pas juga ?. Dari yang kebanyakam cardamom, kebanyakan pala, yang selanjutnya udah lumayan tapi karena cabenya kebanyakan, pedesnya jadi ga sopan banget ?. Tentu saja yang jadi korban adalah suami dan teman-teman tercinta ?.

Namanya doyan,,tetep aja akhirnya penasaran buat mencoba lagi dan lagi. Alhamdulillah yang terakhir rasanya udah balance. Kebetulan ada pesenan juga, jadi deh hari itu saya langsung mengeksekusi 8 buah lidah sapi. Akibatnya, sekarang saya agak gimana gitu kalau lihat lidah sapi ?.

Jadi buat yang kangen dan pengen bikin sate padang sendiri, nih saya share resepnya. Seriously, cari resep yang pas dari google itu bukan pekerjaan yang mudah. Semoga cocok ya ama rasanya ?


Sate Padang ala Uni Ayu ?

Bahan:

1 kg lidah sapi, rebus 2 jam dengan 10 lembar daun salam, 5 cm jahe yang diiris tipis dan 3 batang sereh kemudian tiriskan dan kupas kulitnya. Potong kotak dan tipis

(Tips: sebenernya bisa dipresto aja sih, cuma saya takut pake presto?)

Bumbu Halus:

6 siung bawang putih

12 siung bawang merah

10 buah cabe rawit

4 cm kunyit bakar

4 cm jahe

3 cm lengkuas

1 sdm bubuk kari

1/2 buah pala

1/2 sdt jinten

1 sdt ketumbar

Garam dan gula secukupnya

Bumbu cemplung:

1 buah asam kandis

3 batang serai

10 lembar daun jeruk

Bahan pengental:

100 gram tepung beras

50 gram tapioka

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga matang, masukkan bumbu cemplung. Masak hingga harum.
  2. Ambil 1/3 bagian bumbu, tambahkan 1000cc air, beri gula dan garam sesuai selera, masukkan lidah. Ungkep hingga airnya surut.
  3. Tambahkan 1500 cc air kaldu pada 2/3 bagian bumbu yang tersisa. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Larutkan tepung beras dan tapioka dengan 200 cc air, aduk hingga mengental.
  4. Sajikan dengan pelengkap (lontong dan bawang goreng)

Oiyah, dibeberapa resep yang saya dapet dari google, sebenarnya kalau udah pake bubuk kari, ga perlu ditambah jinten, pala dan ketumbar lagi. Tapi beberapa kali nyoba akhirnya rasanya kurang manteb. Intinya silahkan disesuaikan ama selera masing-masing lagi sih yaaa ?.

3 Comments

Leave a Reply