Tuna Cakalang Pedes

Sebenarnya Ikan Cakalang adalah Baby Tuna yang diasap. Berhubung di Abudhabi kaga ada ikan cakalang, ya udah kita proses semuanya dari awal. Rasanya ga kalah endeuszz kok. Walopun tetep aja efek smoky-nya ga dapet ?.

Well langkah pertama yang kita lakukan, jelas beli ikan tuna segar. Pilih yang kulitnya masih elastis alias kalau dipencet bisa segera balik lagi. Kemarin saya beli ukuran 1,3 kilo, abis di fillet tinggal 900 gram. Beratnya mungsret alias menyusut. Hiks.

Proses pembuatannya diawali dengan mencuci bersih fillet ikan tuna, kucuri dengan jeruk lemon dan garam. Panggang dengan suhu 200 derajat menggunakan api atas dan bawah. Setelah matang, dinginkan dan suwir-suwir. Ikan Cakalang suwir tadi sudah siap dimasak, kali ini saya lagi ngidam cakalang bumbu pedas. Resepnya ala saya ya, ga pake rumit dan rempong. Secara hidup udah rempong, masa perkara masak aja mesti rempong wkwkwk.

Berikut resepnya:

Bahan:

800 gram Ikan Cakalang Suwir

300 gram Chilli bird

20 buah bawang merah

10 buah bawang putih

2 lembar daun kunyit

10 lembar daun jeruk

1 batang serai digeprek

Kemangi, minyak, garam dan gula secukupnya

Cara Memasak:

  1. Tumis cabai rawit, bawang merah dan bawang putih yang telah diulek kasar dan serai hingga matang dan harum.
  2. Masukkan suwiran ikan cakalang, aduk rata hingga matang.
  3. Tambahkan daun jeruk, daun kunyit dan kemangi.
  4. Beri garam dan gula, aduk rata. Koreksi rasanya.
  5. Siap dihidangkan.


Tuna Cakalang pedes ini paling enak dimakan sama bubur manado, berhubung sayanya lagi males. Ya udah dimakan ama nasi juga enak. Siap-siap timbangannya makin ke kanan dah ahahahah.

Leave a Reply