Soto Ayam Bening khas Semarang

Salah satu makanan favorit anak saya adalah soto, apapun olahan soto pasti akan dihabiskan dengan lahap. Entah soto ayam, soto daging, soto babat dan lain sebagainya. Salah satu soto yang paling sering saya buat adalah soto ayam khas Semarang yang dimakan dengan pelengkap berupa keripik kentang. Bumbu soto ayam khas Semarang ini sedikit berbeda dengan soto ayam lainnya karena penggunaan bumbu yang minimalis. Kuah yang cenderung bening menjadikannya berbeda dengan soto ayam Lamongan yang keruh karena penggunaan bandeng dalam kaldunya. Buat saya, keduanya sama enaknya.

Bahan pelengkap Soto Ayam khas Semarang ini sebenarnya bermacam-macam, dapat disesuaikan dengan selera dan persediaan bahan yang ada dirumah. Di Surabaya sendiri tidak banyak penjaja soto yang menyajikan soto dengan versi Semarang seperti ini. Berbeda ketika saya berwisata ke Yogyakarta atau ke Semarang, tipikal soto yang disajikan berkuah bening dan dilengkapi dengan keripik kentang atau perkedel. Huahhh jadi kangen tanah air!

Mengingat lebaran tahun ini saya tidak mudik, alamat baper liat postingan teman-teman yang mudik hahahaha. Tapi alhamdulillah juga sih, karena ramadhan tahun ini ada mama yang berkunjung ke Abu Dhabi. Jadi semangat kebersamaan dengan keluarga tetap dapat saya rasakan walaupun jauh dari ibu pertiwi. Jadilah mumpung mama disini, saya banyak-banyak berguru dan mencatat resep masakan mama yang luar biasa enaknya. Emang yah, seenak apapun masakan kita, paling enak tetap masakan mama. Saya jadi senyum-senyum GR, membayangkan 20 tahun lagi, anak cucu saya akan merindukan masakan saya hahahaha. Yah semoga resep-resep disini bisa menjadi salah satu warisan untuk anak saya kelak. Berikut catatan resep soto ayam berkuah bening ini, mungkin teman-teman ada yang mau mencoba.

Resep Soto Ayam Semarang

Bahan:

1 kg ayam
2 liter air
1 batang daun bawang, rajang halus
1 sdm bawang putih goreng
2 batang serai, geprek
5 lembar daun jeruk, remas
1 sdm garam
Sejumput gula untuk penyeimbang rasa

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
7 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
1/2 sendok teh merica

Isian:

Kol, iris tipis
Telor rebus
Keripik kentang
Bawang merah goreng
Kerupuk udang
Sambal

Cara Membuat:

  1. Rebus ayam hingga matang di atas api kecil.
  2. Haluskan bumbu, sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis serai dan daun jeruk hingga wangi. Masukkan bumbu halus dan tumis hingga matang.
  4. Masukkan bumbu ke kaldu rebusan ayam. Tambahkan garam dan gula, koreksi rasa.
  5. Tambahkan rajangan daun bawang, dan bawang putih goreng. Biarkan mendidih dan meresap.
  6. Angkat ayam. Suwir-suwir ayam, sajikan bersama pelengkap.
  7. Untuk sambal, rebus cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih kemudian haluskan.

Baca juga: Pengalaman Mengikuti Iftaar di Sheikh Zayed Grand Mosque

1 Comments

Leave a Reply