Rujak Cireng

Menjelang weekend gini biasanya saya lebih sibuk dari biasanya #gaya hihihi. Bukan sibuk yang gimana gitu sih, cuma nguplek didapurnya agak lamaan. Karena mesti nyiapin cemilan untuk suami. Kali ini saya bikin rujak cireng, buat yang di Indonesia sih benernya tinggal beli yang siap goreng itu aja yak. Tapi masak sendiri juga seru loh, ngeluarin duitnya sama dan dapetnya lebih banyak #emak2 irit hehehe.

Rujak Cireng

Bahan:

200 gram tepung kanji

2 sdm terigu

2 siung bawang putih

1 sdt garam

Daun bawang (jika ada)

Air panas 100 ml

Cara membuat:

Campur semua bahan jadi satu, tambahkan air panas sedikit demi sedikit, aduk dengan menggunakan garpu. Kunci dari pembuatan cireng ada di cara mengaduknya. Jadi biarkan aja merengkel-merengkel seperti di foto. Ambil menggunakan sendok dan garpu, masukkan ke penggorengan. Setelah matang, tiriskan.  Bumbu rujak

Bahan: 

100 gram Cabe rawit

200 gram Petis

200 gram Gula merah

1 sdm Terasi

5 siung Bawang putih

200 ml air asem

Garam secukupnya

Cara membuat:

Haluskan cabe rawit dan bawang putih. Rebus air asem, masukkan cabe rawit+bawang putih yang telah dihaluskan, gula merah, petis, terasi didihkan hingga mengental.

#Tips

Kunci cireng yang krispi diluar dan moist didalam adalah saat mengaduk adonan, pastikan adonannya masi merengkel-merengkel.

Tempat beli tapioka di Abudhabi adalah di Toko South East sebelah restoran bandung atau kalau disana lagi kosong bisa beli di supermarket depan restoran bandung.

Leave a Reply