Resep Sayur Asem Fusion Surabaya-Jakarta Favorit Keluarga

Hari ini masak yang seger-seger macem sayur asem ini yuk. Kalau tidak salah sayur asem Jakarta isinya nangka muda, labu siam, kacang panjang, kacang tanah ama jagung. Untuk cara pembuatannya, kesemua bumbu di haluskan dan direbus bersama sayur-mayur. Saya sempat posting tentang sayur asem di instagram @PojokSimbok, dari situ saya mendapatkan informasi bahwa ada lagi yang namanya sayur asem Betawi. Isiannya kurang lebih sama dengan sayur asem Jakarta, hanya kaldunya menggunakan tetelan sapi dan ada penambahan kunyit dalam bumbunya. Kebayang ya seberapa kaya kuliner Indonesia?

Karena saya berasal dari Surabaya, saya lebih sering mengkosumsi sayur asem Surabaya yang dari segi isi-pun terbilang sederhana, standar kol/kubis, timun atau krai, kangkung dan pastinya klentang (buah kelor). Sedangkan bumbunya juga hanya diiris tipis lalu direbus dengan air asem. Namun sejak saya tinggal di Abu Dhabi, saya jatuh cinta dengan sayur asem Jakarta. Jadi-lah masaknya tidak sesuai pakem, isiannya menggunakan versi Surabaya namun bumbunya versi Jakarta. Asal hasil akhirnya sedap, kenapa tidak ya kan? hahahaha!

Sayur Asem Fusion Surabaya-Jakarta

Bahan:
200 gram kol, potong kotak
2 buah timun, potong-potong
1 ikat kangkung, siangi
150 cc air asam
1500 cc air

Bumbu:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai rawit
2 ruas lengkuas
Garam dan gula secukupnya
Sejumput terasi

Cara membuat:
1. Haluskan bumbu, sisihkan
2. Panaskan air, masukkan bumbu halus.
3. Masukkan air asam, biarkan mendidih.
4. Tambahkan sayuran dan tunggu hingga matang.
5. Koreksi rasa, sajikan.

Mudah kan membuatnya? Tinggal potong-potong sayur, blender bumbu dan rebus jadi satu. Sayur asem ini paling cocok disajikan kapan saja, paling nikmat dimakan dengan sambal terasi dan ikan asin dan tempe goreng.

Baca juga: Resep Kotokan Tahu, Resep Sambal Bajak yang Awet dan Sedap

Leave a Reply