Resep Sambal Bajak yang Awet dan Sedap

Sebenarnya tinggal di Abu Dhabi, saya tidak perlu khawatir kekurangan rempah-rempah untuk memasak makanan Indonesia. Mulai cengkeh, ketumbar, kapulaga, pala semuanya lengkap ada disini.

Namun setiap ada saudara yang datang dari Indonesia, saya selalu minta tolong teman untuk dibawakan rempah-rempah dari pasar. Percayalah! Kualitas rempah-rempah Indonesia jauh lebih bagus dari rempah-rempah yang ada disini. Aroma dan rasa yang dihasilkan lebih kuat dan wangi. Pernah suatu ketika saya memasak sup buntut dengan menggunakan pala produksi negara tetangga karena kebetulan stok pala dari kampung halaman sedang habis. Sudah 5 butir pala yang masuk ke panci tapi rasa palanya tidak kunjung keluar 😣. Tidak mengherankan ya jika dimasa lalu semua pedagang asing berlomba-lomba memonopoli hasil produksi rempah-rempah di Indonesia. 

Pada titik inilah, saya menjadi rindu tanah air.

Dan salah satu cara saya untuk mengobati rindu adalah dengan memasak. Masakan Indonesia yang tidak pernah absen dari meja saya contohnya SAMBAL!. Saya ini pecinta makanan pedas, rasanya makanan apapun jadi kurang nendang kalau ga dicocolin sambal. Nah kali ini saya mau berbagi tips cara memasak sambal bajak yang gurih, awet/tahan lama namun bebas MSG dan pengawet. Berikut resepnya yaaa

Baca juga: Tumpeng ala Bali: Resep Sate Lilit, Resep Ayam Panggang ala Bu Setu-Magetan, Resep Onde-onde Kentang

Sambal Bajak

Bahan:
300 gram cabai rawit/cabai merah
1 buah tomat ukuran sedang
6 siung bawang putih
5 siung bawang merah, rajang halus
1/2 sdm gula merah sisir
1/2 sdm garam
1/2 sdm terasi
Minyak goreng secukupnya

Cara memasak:
1. Panaskan minyak, tumis rajangan bawang merah kemudian sisihkan.
2. Potong-potong cabai, bawang putih dan tomat.
3. Panaskan minyak, tumis cabai merah, bawang putih dan tomat hingga layu.
4. Masukkan terasi, gula merah dan garam, setelah aromanya wangi, matikan api.
5. Blender kesemua bahan yang telah ditumis diatas.
6. Panaskan minyak, tumis bahan yang telah dihaluskan hingga tanak.
7. Masukkan tumisan bawang merah, aduk rata.
8. Koreksi rasa dan siap disajikan.

Tips:

Bahan-bahan ditumis dua kali sehingga matang sempurna dan rasa juga lebih keluar. Jika ingin menyimpan sambal ini dalam waktu lama, bisa dimasukkan ke botol kaca dan disimpan di lemari pendingin.

Leave a Reply