Resep Opor Ayam Kuning untuk Lebaran

Tidak terasa lebaran sudah didepan mata, semoga ibadah kita tetap lancar dan dimudahkan ya teman-teman. Bicara tentang lebaran ada menu spesial warisan eyang saya yang selalu tersaji di meja makan. Jika biasanya Opor Ayam yang banyak saya jumpai berwarna putih dan pucat, maka eyang saya menyajikan Opor Ayam Kuning. Sebenarnya bumbunya hampir sama sih, hanya menggunakan kunyit sebagai pewarna alami. Hal yang membuat berbeda, eyang menyajikan opor dengan nasi dan sambal terasi. Ngangenin deh.

Baca juga: Kenangan Masa Kecil Saat Lebaran Tiba

Saya yakin tiap keluarga memiliki menu khas yang disajikan setiap lebaran. Dan apapun menu itu selalu terasa spesial dilidah kita, sesederhana karena makanan tersebut dimasak dengan penuh cinta. Mengingat eyang membuat saya menitikkan air mata, eyang saya pemasak yang handal dan cenderung kondervatif. Beliau bersikukuh tidak mau menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu. Walaupun di usianya yang menginjak 60 tahun, eyang masih kuat menguleg bumbu bali, bumbu opor dan lain sebagainya. Berbeda dengan saya yang nguleg sambel aja langsung berasa tremor. Mungkin itu yang membuat masakan generasi jaman dulu tidak tergantikan.

Menurut saya pribadi, tidak ada resep pakem dalam sebuah masakan karena setiap keluarga pasti memiliki selera tersendiri. Saya meyakini hal tersebut sebagaimana saya meyakini bahwa tidak ada makanan yang tidak enak didunia ini. Hanya ada dua jenis makanan, makanan yang sesuai dan tidak sesuai dengan selera kita. Variasi resep inilah yang memperkaya khasanah kuliner Indonesia. Berikut resep Opor Ayam Kuning khas keluarga saya, semoga bisa menginspirasi.

Opor Ayam Kuning

Bahan:
1 kg ayam, potong dan cuci bersih
500 ml air
100 ml santan

Bumbu:
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 butir kemiri
3 ruas jahe
3 ruas kunyit
5 lembar daun jeruk purut, remas
1 batang sereh, geprek
1/2 sdm merica halus
1/2 sdm garam halus
1/2 sdm garam

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan kunyit.
  2. Panaskan minyak, tumis daun jeruk dan sereh hingga harum.
  3. Masukkan bumbu halus, tumis hingga matang.
  4. Tambahkan ayam, setelah ayam berubah warna, masukkan air dan didihkan.
  5. Masukkan santan, tambahkan garam dan lada bubuk, koreksi rasa.
  6. Tunggu hingga kuah mengental dan siap disajikan.

Leave a Reply