Resep Kaasstengels ala Ricke Ordinary Kitchen

Kue kering yang wajib ada setiap lebaran salah satunya adalah Kaasstengels. Kudapan berbahan dasar keju ini menjadi suguhan andalan tiap kali hari raya datang. Mengingat saat ini simbok tinggal di Abu Dhabi maka simbok benar-benar ga mau setengah-setengah membuatnya. Iya, posisi negara ini relatif dekat dengan benua Eropa, selain itu ada banyak expatriates yang bekerja dan tinggal disini. Kebayang kan, keju menjadi salah satu komoditas yang mudah ditemukan disini. Mulai dari blue cheese, emmental, feta dan lain sebagainya dijual dengan harga lebih miring dibanding di Indonesia.

Baca juga: Berbagai Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berlibur ke Dubai atau Abu Dhabi (visa, transpor, akomodasi, dll), 4 Wisata Menarik di Dubai

Oiya resep kue kering keju yang saya buat ini menggunakan resep dari mbak Ricke yang nge-blog di Ordinary Kitchen. Tapi dasar saya paling ga tahan buat ga utak-atik resep, jadi resepnya saya sesuaikan dengan selera saya yah. Ada yang pernah mencoba kaasstengels-nya Igor’s Pastry? Nah tekstur kaasstengels yang saya buat ini sama persis dengan produksi toko kue asal Surabaya tersebut. Ngeju, crunchy dan kres-kres saat dimakan. Rahasianya adalah dengan tidak dimasukkannya telur kedalam adonan. Jadi jika teman-teman suka tekstur kaasstengels yang ngeprul, bisa ditambahkan 3 butir kuning telur kedalam adonannya ya.

Tips lain dari saya adalah dengan mengangin-anginkan keju sesaat setelah diparut. Keju dengan kadar kelembaban yang rendah memberikan tekstur kres-kres pada parutan keju didalam adonan.

Kaasstengels

Bahan:
300 gram mentega (50%butter+50%margarin)
350 gram terigu protein sedang
50 gram maizena
2 sdm susu bubuk
200 gram keju edam parut
100 gram keju parmesan parut

Olesan:
Kuning telur, kocok lepas

Taburan:
Keju cheddar parut

Cara membuat:

  1. Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
  2. Kocok mentega sebentar saja hingga lunak (sekitar 2 menit). Masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
  3. Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan sendok kayu sampai rata dan adonan sudah bisa dibentuk. Sisihkan.
  4. Siapkan loyang, letakkan baking paper diatasnya.
  5. Gilas tipis adonan lalu cetak sesuai selera (saya menggunakan penggaris bersih). Oles dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut. Letakkan dalam loyang.
  6. Panggang dalam oven 180’C (api kecil) sampai matang (berwarna kuning kecoklatan/golden brown). Angkat dan dinginkan.
  7. Simpan dalam toples kedap udara.

Selamat mencoba teman-teman.

3 Comments

Leave a Reply