Memanfaatkan Nasi Sisa Kemarin: Resep Nasi Goreng Hijau

Untuk para mommies, pagi hari menjadi waktu yang paling ribet karena harus menyiapkan sarapan untuk suami dan anak, belum lagi bekal makan di kantor dan sekolah juga pekerjaan rumah tangga lain yang tidak akan selesai jika tidak dikerjakan. Tapi syukurnya, suami saya tidak terbiasa sarapan, berhubung anak saya juga belum sekolah jadilah sementara ini saya masih terbebas dari rutinitas tersebut. Saya biasa menyiapkan roti/kentang dan jus untuk si kecil. Saya sendiri lebih sering mengkonsumsi menu kehangatan alias makanan semalam yang dihangatkan atau diolah kembali. Abis kan sayang yah kalau dibuang. Nasi putih yang diolah menjadi nasi goreng merupakan menu yang paling sering saya santap untuk breakfast.

Memasuki bulan puasa, saya kira makanan akan habis sekali makan. Namun nyatanya tidak! Lebihan nasi putih akan selalu ada di rice cooker. Jadilah saya mendapat ide untuk mengolah nasi tersebut menjadi nasi goreng untuk menu sahur. Apalagi di kulkas masih ada stock sambal hijau. Ceritanya, beberapa waktu lalu saya masak sambal hijau untuk temennya ayam balado dan sayur lodeh, ala-ala masakan Padang gitu deh. Tinggal sreng-sreng-sreng , panaskan sambel hijau, masukkan nasi, aduk rata, tambahkan teri medan yang telah digoreng, gitu aja udah enak banget! Perbandingan sambel dan nasi-nya 2:1 yah. Artinya 2 sendok sambel untuk 1 porsi nasi.

Resep sambel-nya saya share dibawah yah teman-teman:

Sambal Cabai Hijau

Bahan:
300 gram cabai hijau
1 buah tomat hijau ukuran sedang
6 siung bawang putih
5 siung bawang merah, rajang halus
1/2 sdm garam
Gula untuk penyeimbang rasa
Minyak goreng secukupnya

Cara memasak:
1. Panaskan minyak, tumis rajangan bawang merah kemudian sisihkan.
2. Didihkan air, masukkan cabai hijau, bawang putih dan tomat, rebus selama 5 menit. Angkat dan ulek kasar.
3. Panaskan minyak, tumis ulekan cabai, bawang putih dan tomat hingga layu.
4.Tambahkan garam dan gula dan tumisan bawang merah. Koreksi rasa.

Untuk membuat nasi goreng sebaiknya menggunakan nasi semalam agar tidak menggumpal saat dibumbui. Kalau mama saya ngajarin sih, sebaiknya taruh kulkas dulu karena hasilnya bisa lebih “ngepyur”!. Tapi kali ini saya menggunakan nasi dari beras basmati, sehingga hasilnya ngepyur dan memang cocok untuk nasi goreng. Menariknya lagi, indeks glikemik dari beras basmati ini jauh lebih rendah dibanding beras jasmine ataupun beras lain yang teksturnya pulen. Jadi cocok untuk yang ingin diet ataupun yang memang membatasi konsumsi gula.

Leave a Reply