Cumi Hitam Pedas: Resep Buka Puasa yang Cocok Disajikan untuk Menjamu Tamu

Marhaban ya Ramadhan!

Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan, bulan yang paling ditunggu oleh semua umat muslim di dunia. Saya ingin sedikit bercerita mengenai tradisi ramadhan di Abu Dhabi. Salah satu hal yang paling menyenangkan selama bulan ramadhan adalah berkurangnya jam kerja. Di kantor suami saya misalnya, jika biasanya per-hari harus kerja selama 8 jam, maka memasuki bulan ramadhan cukup bekerja 5 jam saja. Bahagia!

Di Abu Dhabi bukan tidak ada penjual takjil, hanya saja makanan yang dijual kurang sesuai dengan selera saya. Oleh sebab itu saya memilih untuk sedikit repot menyiapkan takjil berbuka puasa. Paling mudah sih menyiapkan kolak, namun memiliki toddler membuat saya harus memutar otak dalam memanajemen waktu. Sehingga saya mengakali hal tersebut dengan mengatur menu yang tepat. Misalnya, saya sengaja memasak kolak yang tahan dalam kulkas beberapa porsi sekaligus. Sehingga keesokan harinya saya bisa mengalokasikan waktu untuk memasak hidangan utama.

Mengingat saat ini saya tinggal di perantauan, maka seringkali saya dan teman-teman berkumpul untuk berbuka puasa bersama. Salah satu menu yang menjadi andalan saya adalah Cumi Hitam Pete Pedas asal Madura ini. Tapi berhubung bulan puasa, penggunaan pete mungkin bisa di-skip yah agar tidak menimbulkan polusi udara dari aroma pete yang khas.

Walaupun warnanya hitam-pekat dan tampak mengerikan, tapi rasanya luar biasa endessss loh teman-teman. Bikinnya juga mudah banget, tinggal tumis aja. Proses yang agak tricky adalah saat memilih dan membersihkan cumi-cumi. Selain jangan sampai kantong tintanya pecah, kantong pasirnya juga tidak boleh pecah karena akan ngeres ketika dimasak. Cumi yang masih bagus/segar biasanya kantong pasirnya masih utuh, jadi tinggal dibuang aja.

Baca juga: Resep Sambel Bajak yang Awet dan Sedap

Cumi Hitam Pete Pedas

Bahan:
1 kg cumi-cumi, bersihkan dan potong-potong

Bumbu:
8 siung bawang merah, rajang halus
8 siung bawang putih, rajang halus
20 buah cabe rawit, rajang halus
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, keprak
1/2 sdm garam
20 biji pete
Gula untuk penyeimbang rasa

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, masukkan salam dan lengkuas.
2. Setelah harum, masukkan rajangan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Tumis hingga layu.
3. Masukkan cumi-cumi, tambahkan garam dan gula. Koreksi rasa.
4. Tunggu hingga kuahnya surut kemudian masukkan pete dan siap dihidangkan.

Oiya, walaupun saya tidak memiliki darah Madura, saya adalah penggemar sejati masakan Madura. Oleh sebab itu saya sering baca-baca tulisan blogger yang aktif melampirkan resep makanan khas Pulau Garam. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah blog kotak warna, bisa klik link dibawah ini untuk membaca salah satu resep masakan madura lainnya.

Baca juga: Resep Soto Ayam Pamekasan untuk Sajian Ramadhan ala Kotak Warna

Sekali lagi selamat berpuasa ya teman-teman, semoga amal ibadah kita diterima Allah.

2 Comments

Leave a Reply