Category: Cooking

Singapore Laksa Soup Recipe

Winter has come, and although winter in Abu Dhabi rarely reaches 10 degree Celcius, it still nice to have something hot and spicy to ward off the cold. There are a plenty of hot and spicy foods, and one of them is Laksa.

Laksa is spicy noodle soup widely known in the South Asia region. There are several variations of Laksa, based on their locality and their significant ingredient such as Malaysian Laksa, Indonesian laksa, Sour Laksa, Curry Laksa, etc. Actually there is not much differences between Singaporean and Indonesian Laksa but on the type of chili used. Indonesian Laksa uses fresh chili while Singaporean Laksa uses dried one. This time I’d like to present you Singaporean Laksa.

LAKSA SINGAPORE RECIPE

Ingredients:

For the spices paste
15 dried red chillies, soak for 2 hours
10 shallots
2 cm galangal
5 candlenuts
100 grams dried shrimp
1 tsp shrimp paste, lightly toasted
salt and sugar

5 sdm cooking oil
2 stalks lemongrass
500 cc shrimp broth
500 cc thick coconut milk
Salt and sugar

Complement:

200 grams fish cake, thinly sliced
500 grams medium prawns, shells removed
100 grams rice noodles
300 grams bean sprouts
Coriander leaves

Directions:

  1. Boil water in a pot and add shrimps’s shell to make a broth. Set aside.
  2. Blend all the spices. Heat the cooking oil in a wok, put in the spices paste, add the lemongrass stir until fragrant.
  3. Put the spices paste into the shrimp broth, heat until boiled. Add coconut milk, stirring constantly
  4. Serve the complement: bring a pot of water to the different boil and cook the fish cake and prawns. Drain, remove from the heat and set aside. Throw away the water. Refill the pot with water and bring it to the boil. Blanch the rice noodles and beansprouts, then drain.
  5. Serve rice noodles and bean sprouts in a bowl. Top with the prawns and fish cake.
  6. Reheat the soup, ladle the laksa soup over the complement and garnish with coriander leaves.

Read also: I Fu Mie Recipe

Bebek Goreng Surabaya

Kota Surabaya selain terkenal dengan aneka makanan berbahan dasar petis juga dikenal dengan olahan Bebek Gorengnya. Hal yang membedakan Bebek Goreng di Surabaya dan di kota lain adalah keberadaan kuah rempah sebagai pendamping sambal koreknya.

Nah waktu ulang tahun kemarin saya menyempatkan memasak menu ini sebagai obat kangen tanah air. Beneran kalau masak sendiri jatuhnya lebih puas, rasanya bisa disesuaikan dengan selera keluarga kita dan mau nambah sampe ampun-ampun juga ga takut dompet jebol hehehehe. Sebenarnya bumbunya menggunakan bumbu ungkep biasa sih, tapi mungkin yang berbeda hanya diteknik masaknya.

Untuk mempersingkat waktu, saya menggunakan panci presto. Tapi jika ingin menggunakan teknik ungkep, tipsnya adalah dengan menambahkan air pada panci yang berisikan bumbu ungkep dan bebek sebelum kompor dinyalakan. Panas yang naik secara perlahan akan menghasilkan tekstur bebek yang lembut. Memasukkan bebek pada air ungkepan yang panas hanya akan membuat daging bebek menjadi liat dan sulit empuk.

Baca juga: Resep Black Pepper Ribe Eye Steak a la Mama Deira

Daripada saya ngoceh kepanjangan, berikut saya tuliskan resepnya:

Bahan:

  • 1 ekor bebek (saya gunakan bebek perancis beratnya sekitar 2 kg)
  • 1 buah lemon untuk mencuci bebek

Bumbu:

  • 15 siung Bawang Putih
  • 10 siung Bawang Merah
  • 5 butir Kemiri
  • 1 sdm Ketumbar
  • 1 jari Jahe
  • 1/2 jari kunyit
  • 3 jari Lengkuas
  • 4 batang Serai
  • 10 lembar Daun Jeruk
  • Garam dan Gula Secukupnya

Sambal Korek:

  • 5 siung Bawang putih
  • 10 buah Chilli bird
  • Minyak panas bekas menggoreng bebek

Cara membuat bebek goreng:

  1. Potong bebek menjadi 12 bagian, rendam dengan perasan air lemon selama 10 menit. Cuci bersih dah sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali serai dan daun jeruk.
  3. Masukkan bebek, bumbu yang telah dihaluskan, serai dan daun jeruk kedalam panci presto. Presto selama 15 menit setelah mendesis.
  4. Angkat bebek dan sisihkan.
  5. Didihkan minyak goreng dengan api sedang, masukkan bebek jika sudah panas. Goreng hingga kuning keemasan.

Cara membuat kuah rempah:

  1. Didihkan bumbu yang tersisa agar surut.
  2. Setelah surut tumis ampasnya dengan minyak bekas menggoreng bebek.

Cara membuat sambal korek:

  1. Ulek kasar bawang putih dan chillibird.
  2. Tambahkan garam.
  3. Siram dengan minyak bekas menggoreng bebek.

Selamat mencoba! Kalau ada yang kurang jelas boleh japri atau tinggalkan komentar dibawah ya.

Baca juga: Resep Sop Ikan Batam

 

Black Pepper Rib Eye Steak A La Mama Dei

Hampir semua orang suka makan steak, termasuk saya dan suami. Tapi kalau setiap hari makan di restoran, selain bahaya untuk dompet, bahaya juga untuk kesehatan. Karena kita ga pernah tau kan, kandungan apa saja yang ada didaamnya. Sedangkan kalau masakan rumahan, kita bisa mengontrol semua macam dan kebersihan bahannya.

Kali ini saya mencoba memasak menu steak yang memang menjadi makanan favorit #papadei. Resep dan cara memasaknya hasil modifikasi sana-sini, jadi bisa disesuaikan dengan selera keluarga masing-masing. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini terasa menyenangkan yah, semua masakan restoran bisa dihadirkan dirumah. Benar-benar memudahkan orang yang senang belajar memasak seperti saya 😍.

Berikut hasil utak-atik resep saya, semoga cocok yah 😉

Bahan:

  • 2 pcs Rib Eye Steak @200 gram
  • 3 siung Bawang Putih
  • 5 siung Bawang Merah
  • 3 sdm Merica Hitam
  • 5 sdm Whipping Cream
  • 1 buah Bawang Bombay, iris tipis
  • 1 sdm Olive Oil
  • 1/2 sdm Saus Tiram
  • 1/2 sdm Kecap Manis
  • 1/2 sdm Saus Inggris
  • Gula dan Garam secukupnya

Pelengkap:

  • Kentang Goreng
  • Buncis potong sesuai selera
  • Wortel potong dadu

Cara membuat steak:

  1. Rendam daging dengan 1 sdm olive oil, garam dan merica sesuai selera, sisihkan minimal 30 menit sebelum dibakar.
  2. Siapkan pan dan bakar tiap permukaan daging selama 4 menit atau sesuai selera dengan menggunakan api sedang. Bisa juga dioven 4 menit dengan suhu 120 derajat celcius untuk mendapatkan tingkat kematangan medium-rare

Cara membuat saus:

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah cincang dengan 1 sdm butter hingga wangi.
  2. Masukkan 2 sdm merica hitam yg ditumbuk kasar.
  3. Tambahkan saus tiram dan saus inggris.
  4. Tambahkan whipping cream 5 sdm, jika dirasa terlalu pekat boleh ditambah air/kaldu sesuai selera.
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
  6. Aduk hingga mendidih

Cara membuat pelengkap:

  1. Tumis buncis dan wortel menggunakan butter,
  2. Tumis bawang bombay dengan butter secukupnya,
  3. Goreng kentang dengan minyak banyak, tiriskan agar crunchy.

Setelah semua komponen disiapkan, bisa di tata ke piring saji sesuai selera. Biasanya saya menempatkan tumisan bawang bombay dibawah steak karena memberikan aroma wangi dan rasa manis tanpa menghilangkan rasa khas daging itu sendiri.

Baca juga: Resep Bebek Goreng Surabaya

Biasanya selera tiap orang untuk tingkat kematangan daging tidaklah sama, cara diatas untuk memasak daging dengan level medium rare. Jika ingin membuatnya lebih matang bisa mengambil waktu 7 menit untuk tiap sisinya. Kehadiran pelengkap juga tidak baku seperti yang ada di resep saya. Bisa menggunakan jagung pipil yang ditumis dengan butter, jagung utuh yg dibakar, ataupun menggunakan coleslaw. Silahkan menyesuaikan dengan isi kulkas kita.

Tuna Cakalang Pedes

Sebenarnya Ikan Cakalang adalah Baby Tuna yang diasap. Berhubung di Abudhabi kaga ada ikan cakalang, ya udah kita proses semuanya dari awal. Rasanya ga kalah endeuszz kok. Walopun tetep aja efek smoky-nya ga dapet ?.

Well langkah pertama yang kita lakukan, jelas beli ikan tuna segar. Pilih yang kulitnya masih elastis alias kalau dipencet bisa segera balik lagi. Kemarin saya beli ukuran 1,3 kilo, abis di fillet tinggal 900 gram. Beratnya mungsret alias menyusut. Hiks.

Proses pembuatannya diawali dengan mencuci bersih fillet ikan tuna, kucuri dengan jeruk lemon dan garam. Panggang dengan suhu 200 derajat menggunakan api atas dan bawah. Setelah matang, dinginkan dan suwir-suwir. Ikan Cakalang suwir tadi sudah siap dimasak, kali ini saya lagi ngidam cakalang bumbu pedas. Resepnya ala saya ya, ga pake rumit dan rempong. Secara hidup udah rempong, masa perkara masak aja mesti rempong wkwkwk.

Berikut resepnya:

Bahan:

800 gram Ikan Cakalang Suwir

300 gram Chilli bird

20 buah bawang merah

10 buah bawang putih

2 lembar daun kunyit

10 lembar daun jeruk

1 batang serai digeprek

Kemangi, minyak, garam dan gula secukupnya

Cara Memasak:

  1. Tumis cabai rawit, bawang merah dan bawang putih yang telah diulek kasar dan serai hingga matang dan harum.
  2. Masukkan suwiran ikan cakalang, aduk rata hingga matang.
  3. Tambahkan daun jeruk, daun kunyit dan kemangi.
  4. Beri garam dan gula, aduk rata. Koreksi rasanya.
  5. Siap dihidangkan.


Tuna Cakalang pedes ini paling enak dimakan sama bubur manado, berhubung sayanya lagi males. Ya udah dimakan ama nasi juga enak. Siap-siap timbangannya makin ke kanan dah ahahahah.

Mba Ninuk dan Risoles

Sebenarnya sudah lama pengen bikin risoles cuma ga kunjung dieksekusi karena takut gagal. Karena kalau gagal ga cuma sayang bahannya, tapi beberes peralatan masaknya itu loh yang bikin pegel ?. Tapiiii ngidam risoles. Mau nodong Mba Ninuk, ngambilnya jaoh ?.

Siapa sih Mba Ninuk ini? 

Mba Ninuk adalah emaknya Izzah ama Naya yang saya kenal lewat grup masak memasak (Langsungenak) di fesbuk. Mba Ninuk ini pinter masak, tidak sombong dan baik hati. Ga kaya saya yang baru bisa masak dikit tapi udah pede banget upload sana-sini ?.

Mba Ninuk ini jago banget bikin jajan pasar. Ga cuma jajan pasar aja denk, pepes ayamnya juga juara, ayam bakarnya juga! Terus sambelnya apalagi! Eh kok banyak ya ?. Tapi seriously, tangannya emang sedep. Suami saya doyan bangettttt ama pepes ayamnya. Saya udah dikasi resepnya tapi belom bisa menduplikasi juga tuh. Inget banget komentarnya suami waktu saya coba masak “Hhmm,,enak sih…tapi beda ya?”. Wakkakakaak dia ngomongnya ati-ati banget, takut bininya ngambek ?.

Eh tapi jangan salah, yang ketagihan ama masakannya mba Ninuk ga cuma saya dan suami. Suaminya Mba Capri juga ketagihan ama risolesnya Mba Ninuk. Kalau ga salah pas Mba Capri bikin risoles juga dapet pertanyaan “Kok ga kaya punya Mba Ninuk?”?

So far yang paling aman cuma Mba Widhi, karena dia juga jago masak. Bedanya ama Mba Ninuk, Mba Widhi ini spesialisasinya masakan western. 

Buat yang tinggal di Dubai, bisa pesen makanan ke Mba Ninuk (ahahaha siapin kepala buat ditoyor deh gara-gara nulis begini). Secara sekarang aja pinggang udah ga berasa gegara banyak yang pesen ya mbak ?.

Oiya, saya, Mba Ninuk, Mba Widhi dan Mba Capri tergabung dalam grup “Team Penambah BB”. Gimana engga? Tiap hari yang dibahas resep dan makanan mulu hahaha. Sebenernya kita juga sering membahas tentang parenting, agama, pergaulan, kesehatan, dll. Segala-gala dibahas, walaupun ujung-ujungnya bahas makanan lagi. 

Saya beruntung sekali, walaupun jauh dari keluarga, Allah mempertemukan saya dengan orang baik disini, jadi berasa punya keluarga ??.

Oke balik lagi ke risoles, dengan berbekal resep, semangat dan asistensi online dari Mba Ninuk dan Mba Widhi. Akhirnya daku memantabkan hati buat mengeksekusi resepnya. Seperti biasa, googling sana-sini buat cari tips dan trik. Secara yang paling menakutkan dari risoles ini adalah pembuatan kulitnya. Kalau adonan terlalu encer, kulit bakalan gampang sobek/pecah sehingga bentuknya ga cantik saat dilipat. Sedangkan jika terlalu kental, alamat risolesnya jadi ketebelan dan bakal kaya buntelan bed cover ?.

Oiya ini kebetulan di kulkas ada wortel, kentang, sosis, udang dan ayam untuk bahan ragoutnya. Liat stok paprika kok masih banyak, yaudah iseng ditambahin paprika. Eh ternyata enak pemirsahhhh, manis dan khas capsaicin-nya paprika. Masakan sendiri, dipuji-puji sendiri ?.

Foto ini dicapture oleh Feira, yang berhasil saya paksa jadi food tester hahaha. Thanks fei! Semoga ga kapok yakkk❤️

Kayanya kata pembukanya panjang bener yak, berikut deh resepnya. Gampang dan praktis!

Risoles Paprika 

Bahan Isi:

5 siung bawang putih, cincang halus

1 buah bawang bombay, cincang halus

4 buah sosis, potong dadu

100 gram fillet paha ayam, cincang

100 gram udang kupas, cincang

2 buah wortel, potong dadu

1 buah kentang, potong dadu

1 buah paprika, potong dadu

2 sdm tepung terigu

2 sdm susu kental manis

1 sdt lada bubuk

1/4 sdt pala bubuk

200 ml air

Minyak untuk menumis

Gula dan garam sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan sosis, ayam, dan udang. Tumis hingga harum dan berubah warna.
  3. Tambahkan wortel, setelah agak layu, masukkan kentang. Tunggu hingga sayuran matang.
  4. Beri air, gula, garam, lada, pala bubuk dan susu kental manis. Setelah mendidih, paprika dimasukkan. Koreksi rasanya.
  5. Beri terigu dan aduk-aduk hingga matang.

Resep Kulit (untuk 40 lembar):

250 gram tepung terigu

250 gram susu cair

2 butir telur

2 sdm olive oil

Sedikit garam (saya kemarin iseng menggantinya dengan parutan keju, enakkk!)

Cara Membuat:

  1. Campur terigu dan garam
  2. Tambahkan telur sambil diaduk perlahan
  3. Masukkan susu cair dan olive oil. Aduk hingga rata
  4. Dadar di teflon ukuran 20 cm

Langkah selanjutnya tinggal mengisikan bahan isian ke dalam kulit risoles. Berikut saya lampirkan foto tutorial yang lagi-lagi dikirimin ama Mba Ninuk. Ahhhh I love u so mbak, walopun lewat online, ngajarinnya telaten banget ❤️?.

Setelah semua semua selesai di lipat cantik, bisa langsung dicelupkan ke kocokan telur+air kemudian di gulingkan ke bread crumbs. Sebaiknya risoles dimasukkan dulu kedalam freezer sekitar 20 menit baru kemudian di goreng.

Oiya karena jadinya banyak, saya simpan di freezer. Kalau mau makan, di keluarkan hingga menjadi suhu ruangan baru kemudian digoreng dengan api sedang.

#Tips

Teknik membuat kulit risoles agak mirip dengan membuat rempeyek, saat adonan dirasa terlalu kental, jangan ragu untuk menambahkan air.

Lontong Kikil Sapi

Ga pernah menyangka bakalan masak lontong kikil sendiri. Bagian terberat tentu saja bikin empuk ini kaki sapi. Buat yang berani pake presto sih tinggal direbus aja selama 45 menit, bersamaan dengan bumbu untuk menghilangkan bau khas kaki. Baru setelah itu diolah menjadi gulai kikil, lontong kikil sapi, dll.

Kikil sapi terkenal mengandung kolesterol tinggi, tapi di resep ini saya memproses dengan cara berbeda, agar kandungan kolesterolnya berkurang.

Lontong Kikil Sapi

Bahan merebus kikil:

1 kg kaki sapi yang sudah dipotong

2 siung bawang putih digeprek

10 lembar daun salam

3 ruas jahe iris tipis

Bumbu halus:

10 siung bawang putih

5 siung bawang merah

3 buah cabai merah

3 ruas jahe

2 ruas kunyit, bakar

2 ruas lengkuas

10 biji kemiri, sangrai

1/2 sdt jinten

1/2 sdm ketumbar

1/2 buah pala

2 batang sereh

Garam dan gula secukupnya

Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Rebus kaki sapi dengan bumbu rebusan. Rebus menggunakan api sedang sampai empuk (sekitar 3 jam)
  2. Buang air hasil rebusan, cuci dan tiriskan kaki sapi.
  3. Rebus kembali dengan api sedang
  4. Haluskan semua bahan lalu tumis dengan minyak goreng hingga bumbu matang, tambahkan serai hingga wangi
  5. Masukkan bumbu pada panci rebusan kikil
  6. Rebus kembali selama lebih kurang 3 jam agar bumbu meresap
  7. Sajikan dengan lontong, sambel cabe rawit dan jeruk nipis

#Tips

Di Abudhabi tempat membeli perlengkapan sapi (jerohan, kikil, dll) di fresh market-mushriff mall.

Jika ingin kuah yang kental seperti di Waru Jaya, kikil direbus selama 5 menit kemudian buang airnya. Rebus kembali dengan air baru selama 3 jam, air rebusan kedua ini langsung diberi bumbu yang telah ditumis.

Spicy Black Squid

Makanan ini khas Jawa Timur, tepatnya dari Pulau Madura. Sebagian merasa ngeri sama warna hitam yang didapat dari tintanya, tapi justru enaknya disitu ?. Di Surabaya terdapat satu warung kaki lima yang terkenal dengan hidangan cumi hitamnya. Tapi jangan salah, walaupun kaki lima, segala mobil antri disana. Bahkan Mercy-pun ada hahaha. Oiya, buat yang tidak terlalu suka pedas bisa dikurangin jumlah cabenya 😀

Spicy Black Squid

Bahan:

1 kg cumi-cumi

200 gram cabe rawit

15 siung bawang merah

5 siung bawang putih

2 ruas jari lengkuas

Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan cumi-cumi, pisahkan kepala dan badannya. Buang bagian plastik dibadan cumi-cumi. Hati-hati ketika membersihkan badannya agar kantong tinta tidak sampai pecah
  2. Tumis bawang putih, bawang merah dan cabe rawit yang sudah diulek kasar
  3. Ketika bumbu sudah matang, masukkan cumi-cumi
  4. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Tunggu hingga kuahnya menyusut.

#Tips

Agar tidak amis, masukkan cumi-cumi saat bumbu panas betul.

Karena di Abudhabi ga ada cabe rawit, saya pake thailand chilli bird. Lumayan membantu pedasnya <3

Onde-onde Kentang

Penganan yang satu ini ga cuma diidolakan ama suami, temen-temen juga pada suka loooh. Cuma saya suka males bikinnya, ga telaten ngebentukin satu-satu. Tapi enaknya makanan ini bisa dicicil pembuatannya, biasanya saya membuat isi kacang hijau semalam sebelumnya. Saya bentuk bulat-bulat dan taruh di chiller, bisa awet selama semingguan. Oiya isiannya juga bisa dibuat untuk isian kue ku/kue tok loh. Resep ini saya sadur dari resepnya Diah Didi dengan beberapa penyesuaian.

Onde-onde Kentang

Bahan Kulit :

250 gram tepung ketan

50 gram kentang kukus,haluskan

65 gram gula pasir halus

½ sdk teh garam

150 ml air hangat

100 gram wijen

Bahan isi :

250 gram kacang hijau kupas (aku pakai kacang hijau kulit, enak juga )

150 gram gula pasir

1 lembar daun pandan

½ sdk teh garam

200 ml santan kalengan

Cara membuat :

Adonan isi

Rebus kacang hijau sampai agak lunak dan kering, tambahkan santan, gula pasir, daun pandan, garam. Masak sambil di aduk sampai empuk dan kalis. Angkat, dinginkan, bulatkan kecil-kecil, sisihkan dulu

Adonan kulit

Campur tepung ketan, kentang, gula pasir dan garam, aduk rata. Tuang air hangat sedikit demi sedikit,sambil di uleni sampai kalis dan licin. Ambil adonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan, pipihkan lalu isi dengan bulatan adonan isi. Gulingkan diwijen, masukkan dalam minyak dingin. Nyalakan api kecil. Aduk hingga mengapung, lalu nyalakan api sedang, goreng hingga matang kecoklatan.

#Tips

Agar wijen merekat sempurna, saya mencelupkan adonan onde-onde yang sudah diisi dan dibentuk ke air matang (suhu ruangan), baru kemudian di gulingkan ke wijen.

Ikan Masak Jahe

Menu yang satu ini favoritnya suami. Sebenernya suka males masaknya, soalnya goreng ikannya susah bo’. Tapi kalau lihat suami makannya lahap, ya udah ayok aja deh dieksekusi <3Ikan Masak Jahe

Bahan:

2 ekor Ikan Mujair

3 siung Bawang Putih

3 siung Bawang Merah

1 buah Tomat

3 ruas jahe

10 buah Cabai Rawit

1 sdt minyak wijen

Garam dan Gula secukupnya

Minyak dan Terigu secukupnya

Cara membuat:

Cuci bersih ikan, balur dengan terigu yang telah diberi garam, kemudian goreng. Sisihkan.

Tumis cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan tomat. Masukkan air, setelah mendidih masukkan jahe yang dipotong korek api. Beri minyak wijen, gula dan garam. Tambahkan maizena agar mengental.

Siramkan bumbu ke ikan goreng. 😀

Rujak Cireng

Menjelang weekend gini biasanya saya lebih sibuk dari biasanya #gaya hihihi. Bukan sibuk yang gimana gitu sih, cuma nguplek didapurnya agak lamaan. Karena mesti nyiapin cemilan untuk suami. Kali ini saya bikin rujak cireng, buat yang di Indonesia sih benernya tinggal beli yang siap goreng itu aja yak. Tapi masak sendiri juga seru loh, ngeluarin duitnya sama dan dapetnya lebih banyak #emak2 irit hehehe.

Rujak Cireng

Bahan:

200 gram tepung kanji

2 sdm terigu

2 siung bawang putih

1 sdt garam

Daun bawang (jika ada)

Air panas 100 ml

Cara membuat:

Campur semua bahan jadi satu, tambahkan air panas sedikit demi sedikit, aduk dengan menggunakan garpu. Kunci dari pembuatan cireng ada di cara mengaduknya. Jadi biarkan aja merengkel-merengkel seperti di foto. Ambil menggunakan sendok dan garpu, masukkan ke penggorengan. Setelah matang, tiriskan.  Bumbu rujak

Bahan: 

100 gram Cabe rawit

200 gram Petis

200 gram Gula merah

1 sdm Terasi

5 siung Bawang putih

200 ml air asem

Garam secukupnya

Cara membuat:

Haluskan cabe rawit dan bawang putih. Rebus air asem, masukkan cabe rawit+bawang putih yang telah dihaluskan, gula merah, petis, terasi didihkan hingga mengental.

#Tips

Kunci cireng yang krispi diluar dan moist didalam adalah saat mengaduk adonan, pastikan adonannya masi merengkel-merengkel.

Tempat beli tapioka di Abudhabi adalah di Toko South East sebelah restoran bandung atau kalau disana lagi kosong bisa beli di supermarket depan restoran bandung.