Cara Mengurus UK Visa dari Abu Dhabi

Liburan ini sebenarnya sudah saya agendakan dari tahun lalu dan mengurus visa adalah hal yang paling bikin deg-deg-an. Gimana enggak? Untuk mengajukan visa UK, kita harus melampirkan tiket pesawat yang sudah di-issue dan bukti reservasi hotel. Bayangin kalau ga lolos? Rugi bandar donk eikeh 😢. Beberapa traveler mensiasati syarat ini dengan melampirkan dummy booking ticket dan booking hotel yang bisa di cancel. Just in case visanya ditolak, ga bakalan rugi-rugi amat. Tapi saya dan suami memutuskan untuk do the things rightly. Daripada kena random check, ditolak dan malah di blacklist hehehehe.

Oiyaaaa visa UK ini berlaku di beberapa negara bagian yaitu England, Wales, Scotland dan Northern Irland. Jadi kalau ada waktu lebih, sekalian aja eksplore sampai ke Irlandia. Untuk residen Abu Dhabi yang ingin berlibur ke United Kingdom, kita dapat melakukan pengajuan visa secara online melalui website VFS yang nantinya akan diverifikasi oleh pelayanan imigrasi UK yang berada di Filipina. Beberapa dokumen yang diminta mungkin akan sedikit berbeda dibandingkan jika kita mengurus dari Indonesia. Mengingat perjanjian bilateral UK dengan tiap negara tidaklah sama.

Jadi sebelum membuka aplikasi online, dokumen yang perlu dipersiapkan dalam mengurus turis visa UK adalah:

  • Paspor+visa UAE (pastikan UAE visa masih berlaku paling tidak 90 hari dari tanggal kembali ya)
  • Emirates ID
  • Bukti akomodasi (tiket pesawat dan reservasi hotel)
  • Bukti tempat tinggal di UAE (thawteeq atau sertifikat kepemilikan rumah)
  • Slip gaji
  • Surat keterangan kerja
  • Rekening koran selama 6 bulan, bisa langsung print dari internet banking

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Buka halaman ini, yang menghubungkan anda ke halaman visa application fotm yang perlu diisi. Dihalaman ini akan terdapat beberapa pertanyaan mendetail seperti itinerary, parents details, travel history dll
  2. Setelah formulir aplikasi visa selesai diisi, kita akan diarahkan ke halaman pembayaran. Biayanya sebesar USD 113 per orang.
  3. Setelah selesai membayar, kita bisa memilih jadwal untuk menyetorkan dokumen diatas dan pengambilan data biometrik
  4. Datang ke VFS Abu Dhabi yang berlokasi di Shining Tower pada jadwal yang telah disepakati dengan membawa dokumen diatas. Proses pengajuan visa memakan waktu maksimal 20 hari kerja.
  5. Nantinya kita akan dihubungi lewat sms jika paspornya sudah sampai di VFS Abu Dhabi.

Mengingat rumah saya cukup jauh dari Shining Tower maka saya memutuskan untuk menggunakan jasa kurir, biayanya AED 25 per paspor. Semoga berhasil dan Happy Holiday 🙂

Leave a Reply