Cara Mengurus Residence Visa UAE-Abu Dhabi

Tulisan ini saya persembahkan buat rekan-rekan yang masih bingung mengenai tata cara mengurus residence visa UAE, khususnya di Abu Dhabi. Terlebih, tidak semua perusahaan menyediakan visa untuk keluarga, misalnya kantor suami saya. Oleh karena itu yang menjadi sponsor saya untuk mendapatkan residence visa adalah suami.

Baiklah, berikut ringkasan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengurus residence visa di Abu Dhabi

  1. Menuju typing center untuk menginput data pengajuan “Entry Visa” dengan membawa dokumen administrasi berupa kontrak kerja sponsor dan perusahaan, surat keterangan kerja, surat keterangan gaji, foto copy emirates id milik sponsor, surat tagihan listrik, thawteeq, foto copy paspor keluarga yang di disponsori. Biayanya 300 dhs dan prosesnya sekitar 30 menit.
  2. Menuju kantor imigrasi dengan membawa formulir pengajuan entry visa dan dokumen administrasi diatas. Jika dokumen sudah benar dan lengkap, pihak imigrasi akan mengeluarkan entry visa berupa lembaran kertas keramat berwarna merah muda. Oiyah, sebelum proses ini dilakukan, pastikan orang yang disponsori berada di luar UAE.
  3. Setelah itu keluarga yang disponsori bisa masuk ke UAE dengan berbekal foto copy entry visa yang dikirim lewat email. Sebelum keluarga yang disponsori masuk ke UAE, pihak sponsor menyerahkan lembaran asli entry visa ke bagian “Visa Collection” di Abu Dhabi International Airport dan membayar 35 dhs. Jika entry visa dikumpulkan setelah pesawat mendarat maka biayanya menjadi 45 dhs (sayang-sayang 10 dhs bisa dapet..bisa dapet apa yak? semua-semua mahaaal wakssss). Kemudian keluarga yang di sponsori bisa menukarkan foto copy entry visa dengan entry visa yang asli melalui loket Visa Collection, seturunnya dari pesawat, untuk kemudian melakukan scan mata (yang pake lensa kontak ga usah khawatir, saya pake yang bening dan ga perlu di lepas).
  4. Sesampainya di Abu Dhabi, saya harus segera mengurus “Emirates ID” (semacam KTP-nya ekspatriat selama di UAE) dengan mendatangi MOFA di Marina Mall untuk melakukan registrasi. Dokumen yang dibawa adalah paspor keluarga yang di sponsori dan entry visa. Prosesnya sekitar 15 menit dan kita akan mendapatkan form registrasi emirates id, biayanya 270 dhs.
  5. Sesudah tahapan diatas, sponsor sebaiknya segera mengurus asuransi ke perusahaan asal dengan membawa dokumen milik sponsor berupa paspor, visa, emirates id, insurance card. Serta dokumen milik keluarga yang disponsori berupa form registrasi emirates id, paspor dan entry.
  6. Melakukan cek fisik dan kesehatan. Diawali dengan identifikasi sidik jari di pusat biometrik dengan membawa paspor, entry visa dan form registrasi emirates id untuk melakukan scan sidik jari. Jangan lupa untuk meminta stamp berupa keterangan bahwa proses tersebut sudah dilakukan.
  7. Menuju ke SEHA (saya ambil yang di Berkeley, karena bersih dan tidak terlalu ramai) dengan membawa paspor, entry visa dan form registrasi emirates id. Disini kita akan di cek fisik, foto rontgen dan diambil darahnya untuk memastikan kesehatan tubuh kita. Untuk proses ini biayanya 250 dhs. Hasil tes kesehatannya bisa diambil setelah mendapat konfirmasi melalui sms.
  8. Setelah mendapatkan sms konfirmasi, hasil cek kesehatan sudah bisa diambil.
  9. Menuju ke typing center untuk registrasi pengajuan residence visa. dengan membawa dokumen milik sponsor berupa paspor, visa, emirates id, insurance card. Serta dokumen milik keluarga yang disponsori berupa form registrasi emirates id, paspor, visa entry, surat keterangan sehat dari SEHA. Prosesnya hanya 15 menit, biayanya 350 dhs.
  10. Menuju kantor imigrasi dengan membawa dokumen di atas, foto copy insurance card keluarga yang di sponsori plus form registrasi pengajuan residence visa. Setelah data di submit, 3-4 kemudian paspor yang sudah berstikerkan residence visa akan dikirim melalui pos ke p.o box yang kita cantumkan. Emirates id juga akan dikirim melalui pos secara terpisah. Alhamdulillah sekarang saya sudah resmi mendapatkan Visa Residence UAE-Abu Dhabi

Menariknya di negara ini, jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu, beberapa proses menyediakan pelayanan yang lebih cepat. Misalnya di SEHA, jalur khusus berbiaya 350 dhs dan hasilnya bisa keluar keesokan harinya. Kemudian di Imigrasi (proses terakhir) juga ada jalur cepatnya, jadi kita tidak perlu menunggu 3-4 hari untuk mendapatkan paspor kita kembali. Bayar 450 dhs dan paspor bisa selesai hari itu juga.

Tapi alhamdulillah, rejeki anak sholehah, SEHA saya jadi keesokan harinya, paspor juga langsung diserahkan saat itu juga. Langsung deh hore-hore senang. Yah walaupun biaya pengurusan residence visa ini di ganti oleh kantor, rasanya seneng aja mendapatkan keajaibannya Allah.

Buat yang lagi mengurus visa residence, selamat berjuang yah! proses panjang dan melelahkan tapi bukan berarti ga bisa dilalui. Beberapa hal yang bikin ribet karena beberapa petugasnya agak terbatas dalam berbahasa Inggris, jadi dalam menyampaikan proses/tahapan yang harus dilalui terkadang kurang jelas. Terkadang mereka akan memanggil temannya dulu untuk menjelaskan kepada kita hehehe. Jadi sekalian sama latihan sabar dan dinikmati aja setiap prosesnya.

Akhir kata, semoga tulisan saya bisa membantu yaaa.

3 Comments

  1. Assalamu’alaikum. Bu, tlng mnta no.tlfon ibu utk knsultasi atau ibu bisa hubungi sy di no. 087870486679/bbm: 26C5575D. D tnggu ya, bu. Trmksh.

Leave a Reply