Cara Membuat Cilok yang Kenyal dan Empuk

Sebenarnya ada banyak jajanan yang menggunakan aci alias kanji sebagai bahan utamanya. Sebut saja cireng (aci digoreng), cimol (aci digemol-gemol), cilur (aci dibalut telur) dan juga cilok (aci dicolok). Di Jawa Timur, cilok lebih dikenal dengan sebutan pentol salome. Kudapan ini biasa dimakan menggunakan saus kacang ataupun saos tomat, suka-suka yang makan. Berhubung saya kehabisan stok kacang, jadilah bikin saos tomat pedas untuk topping-nya.

Membuat jajanan ini mengantarkan saya ke memori jaman sekolah. Baik itu di sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas, kita pasti bisa menemukan penjaja pentol atau cilok. Biasanya penjualnya sekalian menjual es di plastik. Walaupun seringkali tenggorokan saya meradang karena kandungan obat gula dan micin yang terkandung didalamnya. Saya tidak pernah kapok! Berapapun uang saku yang diberi mama, ujung-ujungnya dihabiskan untuk membeli pentol hahahaha.

Mengingat sekarang sudah terbiasa “main” masak-masakan didapur maka sekarang saya bisa makan pentol dengan puas, tanpa takut sakit. Pada resep dibawah ini saya tidak menggunakan daging sama sekali, namun jika teman-teman punya daging giling, bisa dicampurkan dalam adonan agar lebih gurih dan menambah nilai gizi. Boleh juga ditambahkan telor dalam adona, bisa juga diberi isian keju ataupun sosis, sesuai selera saja. Buat saya, memasak itu seperti seni! Tidak ada resep yang pakem, yang terpenting dimasak dengan penuh cinta hihihi. Silahkan dicoba resepnya, cara membuat cilok ini mudah kok teman-teman.

Cilok Saos Pedas

Bahan:
10 sdm tapioka
3 sdm terigu
1 sdm tepung beras
1 sdm garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garlic powder
Rajangan daun bawang
Air panas secukupnya

Cara membuat:
1. Aduk rata semua bahan kering.
2. Masukkan rajangan daun bawang.
3. Tambahkan air panas, aduk hingga dapat dibentuk (lihat slide selanjutnya).
4. Rebus hingga mengapung, tiriskan.

Untuk saos sambelnya simbok menggunakan takaran kira-kira aja yah. Caranya, tumis bawang putih, masukkan cabai rawit uleg, saos tomat, gula dan garam. Kemudian tambahkan air dan koreksi rasa. Beri sedikit larutan maizena untuk mencapai kekentalan yang diinginkan.

Jika teman-teman lebih suka cilok yang empuk dan tidak kenyal, tapioka bisa dikurangi dan diganti dengan terigu ya. Silahkan disesuaikan dengan selera saja 😊

Leave a Reply