Bebek Goreng Surabaya

Kota Surabaya selain terkenal dengan aneka makanan berbahan dasar petis juga dikenal dengan olahan Bebek Gorengnya. Hal yang membedakan Bebek Goreng di Surabaya dan di kota lain adalah keberadaan kuah rempah sebagai pendamping sambal koreknya. 

Nah waktu ulang tahun kemarin saya menyempatkan memasak menu ini sebagai obat kangen tanah air. Beneran kalau masak sendiri jatuhnya lebih puas, rasanya bisa disesuaikan dengan selera keluarga kita dan mau nambah sampe ampun-ampun juga ga takut dompet jebol hehehehe. Sebenarnya bumbunya menggunakan bumbu ungkep biasa sih, tapi mungkin yang berbeda hanya diteknik masaknya. 

Untuk mempersingkat waktu, saya menggunakan panci presto. Tapi jika ingin menggunakan teknik ungkep, tipsnya adalah dengan menambahkan air pada panci yang berisikan bumbu ungkep dan bebek sebelum kompor dinyalakan. Panas yang naik secara perlahan akan menghasilkan tekstur bebek yang lembut. Memasukkan bebek pada air ungkepan yang panas hanya akan membuat daging bebek menjadi liat dan sulit empuk.

Daripada saya ngoceh kepanjangan, berikut saya tuliskan resepnya:

Bahan:

  • 1 ekor bebek (saya gunakan bebek perancis beratnya sekitar 2 kg)
  • 1 buah lemon untuk mencuci bebek

Bumbu:

  • 15 siung Bawang Putih
  • 10 siung Bawang Merah
  • 5 butir Kemiri
  • 1 sdm Ketumbar
  • 1 jari Jahe
  • 1/2 jari kunyit
  • 3 jari Lengkuas
  • 4 batang Serai
  • 10 lembar Daun Jeruk
  • Garam dan Gula Secukupnya

Sambal Korek:

  • 5 siung Bawang putih
  • 10 buah Chilli bird
  • Minyak panas bekas menggoreng bebek

Cara membuat bebek goreng:

  1. Potong bebek menjadi 12 bagian, rendam dengan perasan air lemon selama 10 menit. Cuci bersih dah sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali serai dan daun jeruk.
  3. Masukkan bebek, bumbu yang telah dihaluskan, serai dan daun jeruk kedalam panci presto. Presto selama 15 menit setelah mendesis.
  4. Angkat bebek dan sisihkan.
  5. Didihkan minyak goreng dengan api sedang, masukkan bebek jika sudah panas. Goreng hingga kuning keemasan.

Cara membuat kuah rempah:

  1. Didihkan bumbu yang tersisa agar surut.
  2. Setelah surut tumis ampasnya dengan minyak bekas menggoreng bebek.

Cara membuat sambal korek:

  1. Ulek kasar bawang putih dan chillibird.
  2. Tambahkan garam.
  3. Siram dengan minyak bekas menggoreng bebek.

Selamat mencoba! Kalau ada yang kurang jelas boleh japri atau tinggalkan komentar dibawah ya.

3 Comments

  1. Glek banget liatnya :D. Di surabaya memang banyak bgt menu bebek ya mbam. Walopun di jakarta jg bnyk resto bebek, tp aku ttp pgn ngerasain masakan bebek khas surabaya. Katanya sambelnya itu yg bikin enak :D. Kalo utk bikin sendiri, kayaknya aku skip mba :D. Sayang bebeknya kalo gagal :p

    1. Hahahaha iya bener,,klo di Indo juga kayanya aku ga bakal masak. Mending gofood 😂
      Cm emang bebeknya surabaya kan khas banget, jd bela2in bikin deh krn kangen 😝

Leave a Reply