6 Tips Agar Hunian Terasa Lebih Nyaman

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Happiness is being home again”. Itulah salah satu alasan mengapa mendekorasi rumah menjadi salah satu kegiatan yang saya gemari. Sebagai seorang istri yang baik, tentunya saya tidak ingin suami menjumpai rumah dalam kondisi acak-acakan sepulang kerja. Bukankah sudah selayaknya rumah menjadi tempat paling nyaman untuk me-recharge energi.

Sebagaimana dipaparkan dalam ilmu psikologi, saya meyakini bahwa kepribadian seseorang dapat tercermin dari kondisi rumahnya. Tidak percaya? Coba bayangkan bagaimana suasana hati anda jika tinggal di rumah yang penuh barang, berdebu dan tidak tertata dengan rapi. Tentu tidak nyaman, bukan?

Perasaan tidak nyaman itu tentunya akan mempengaruhi aktivitas dan pastinya akan berdampak pada orang yang ada disekitar kita. Oleh sebab itu, mendekorasi ruangan menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap keluarga. Oiya, indikator rumah yang nyaman bukanlah rumah yang berukuran besar dan memiliki furnitur yang mewah. Untuk keluarga saya, suatu hunian dapat dikatakan nyaman bila memenuhi syarat bersih, rapi dan bebas dari aroma yang tidak menyenangkan.

Kebetulan saat ini saya tinggal di apartemen dengan ukuran yang cukup terbatas. Kondisi tersebut menantang saya untuk mengatur dan menempatkan perabot secara tepat guna. Namun dibawah ini ada beberapa tips yang akan saya bagikan, sehingga bagi anda yang memiliki lahan terbatas tetap dapat memiliki rumah yang nyaman dan ‘terasa’ luas.

  1. Letakkan cermin di dinding rumah anda. Keberadaan cermin akan membantu membuat ruangan yang sempit menjadi tampak lebih luas. Selain itu, cermin juga bisa merefleksikan cahaya lampu sehingga menjadi lebih indah, yang artinya menambah suasana baru pada keseluruhan interior rumah.
  1. Gantunglah pigura berisikan foto-foto yang membuat anda merasa lebih bersemangat dan berbahagia saat melihatnya. Adanya foto-foto ini akan membuat suasana rumah lebih hidup dan hangat. Pilih bingkai foto yang sesuai dengan gaya penataan rumah anda.
  1. Mengganti perabot lama dengan yang baru. Setiap benda pasti memiliki masa pakai, begitu pula perabot dirumah kita. Membeli sebuah furnitur, tidak akan membuat kita kehilangan banyak uang. Cara mensiasatinya adalah dengan, misalnya, ketika anda ingin mengganti sofa yang lama dengan sofa yang baru.Manfaatkan situs pencarian seperti google dan masukkan kata kunci “sofa minimalis murah”. Nantinya akan banyak ditemukan informasi mengenai toko perabotan yang sedang mengadakan promo dan diskon. Sofa merupakan salah satu elemen penting dalam mengatur ruang keluarga, oleh sebab itu kita harus memperhatikan setiap detailnya. Hal utama yang harus dipertimbangkan adalah ukurannya. Saya memilih sofa yang ukurannya tidak terlalu besar agar tidak membuat ruangan terasa sempit. Saya menggunakan sofa minimalis bermodel sofa-bed sehingga dapat difungsikan sebagai tempat tidur ketika ada sanak saudara yang datang.

    Selain ukuran, pemilihan warna dan bahan juga menjadi faktor penentu, saya menempatkan sofa minimalis dengan warna yang cerah untuk ruang keluarga, sehingga ruangan tampak lebih luas. Nah, karena saya memilih sofa yang berwarna abu-abu muda maka akan rentan kotor, apalagi saya memiliki toddler yang sedang aktif-aktifnya. Solusinya, saya memilih sofa yang cover atau kain penutupnya bisa dibuka, sehingga jika terkena noda tinggal dilepas dan dicuci.

  1. Gunakan bantal hias untuk aksesoris dirumah anda. Menggunakan bantal hias untuk mempercantik rumah adalah hal yang paling mudah dilakukan, selain harganya tidak terlalu mahal, bantal memiliki beragam ukuran, bentuk dan warna sehingga mudah untuk di mix and match dengan perabot lainnya. Mengingat ruangan saya tidaklah luas, maka dua bantal berukuran sedang dengan warna polos sudah cukup untuk meramaikan ruang keluarga saya.
  1. Mencari inspirasi di internet. Jika anda orang yang kreatif dan suka melakukan DIY, jangan segan untuk mencari inspirasi di pinterest ataupun di youtube. Banyak sekali tutorial untuk membuat aksesoris rumah dengan memanfaatkan bahan yang ada. Siapa tau bisa jadi peluang usaha! Namun mengingat saya bukan orang yang nyeni, saya membuka laman tersebut sebatas untuk mencari inspirasi penataan ruang saja.
  1. Jangan takut bermain-main dengan konfigurasi ruangan di rumah anda. Kebetulan saya adalah orang yang gampang bosan, sehingga beberapa bulan sekali selalu ada sudut yang saya utak-atik untuk di dekorasi ulang.

Sedikit bocoran, di ponsel saya selalu tersimpan ukuran ruangan dan konfigurasi ruangan di rumah. Sehingga ketika saya berjalan-jalan dan melihat perabot yang menarik, saya dapat dengan mudah mendapatkan gambaran akan diletakkan dimana perabot tersebut. Hal ini bukan tanpa sebab, diawal menikah beberapa kali saya membeli barang yang berujung pada tidak ada tempat atau dipaksakan diletakkan di suatu sudut yang pada akhirnya hanya menuh-menuhin ruangan.

Demikian tips dari saya, jika ada yang memiliki tips lain silahkan dibagikan di kolom komentar. Akhir kata, semoga bermanfaat.

1 Comments

  1. Aku juga sering cari inspirasi dari Instagram orang yang punya kamar atau rumah satu tipe dengan punya ku. Kalau rumah atau kamar nyaman jadi betah dan kitanya juga jadi produktif.

Leave a Reply