4 Transportasi Utama Selama di United Kingdom

Selama 11 hari berada di UK, kami menghabiskan 5 hari untuk mengeksplorasi London. Sistem transportasi di Inggris sudah sangat terstruktur. Untuk keluar kota London, kita dapat menggunakan GWR (Great Western Railway). Sedangkan jika ingin jalan-jalan didalam kota London bisa menggunakan tube ataupun bus kota yang terkenal dengan double decker-nya. Untuk itu, kita harus membiasakan diri membaca jalur tube dan jalur bis kota biar ga sampe nyasar 😂.

1. Tube dan Bus Kota

Jika anda berencana menggunakan kedua transportasi umum ini di London, maka saya sarankan untuk membeli Oyster Card. Sistemnya seperti Dubai Metro, jadi tiap orang harus memegang 1 kartu karena menggunakan sistem check in/check out. Biaya deposit setiap kartu sebesar £5. Untuk menentukan besaran top up yang anda perlukan tinggal hitung £6 dikalikan berapa hari anda tinggal di London. Jadi jika dalam satu hari kita sudah membayar akumulasi tiket tube/bus sebesar £6, maka dijalur selanjutnya saldo kita tidak akan di-debet lagi. Klo ga salah sekali jalan naik tube tiketnya sebesar £1-2,5.

2. Black Cab

Sebenarnya saya udah diingetin teman yang tinggal di London bahwa taksi di London mahalnya naudzubillah hahaha. Tapi liat bentuknya yang unyu-unyu, saya dan suami tertarik untuk nyobain. Nah 3 hari terakhir kami menginap di Sunborn Yacht Hotel yang terletak di London Timur, dimana hotel tersebut berjarak 60 menit dari hotel kami sebelumnya. Total biaya yang dikeluarkan £70.

3. Uber Taxi

Sebelum sampai UK, saya terlebih dahulu download aplikasi Uber mengingat lokasi Sunborn Yacht Hotel dengan Heathrow Airport yang lumayan jauh. Kalau naik Black Cab bakalan mahal donk yah, jadi sebagai alternatif kita menggunakan Uber Taxi. Untuk jarak tempuh 1,5 jam biayanya £152. Experience is really the best teacher and she sends a super terrific bills 😂. Buat yang penasaran kenapa saya dan suami bela-belain nginep ke hotel yang lokasinya jauh dari peradaban, nanti baca disini yah.

4. GWR (Great Western Railway).

Ini adalah kereta cepat antar kota, kami memutuskan untuk mengeksplorasi kota Bath yang terletak di Sommerset. Harga tiket London-Bath Spa-London sebesar £110 untuk berdua.

Melihat itinerari kami yang ingin ke Sommerset untuk masuk ke Roman Bath, ke Harry Potter Studio dan pindah hotel ke ExCel, menyewa dan menyetir mobil sendiri jatuhnya memang akan lebih irit jika dibandingkan dengan naik kereta api.

Namun kami memilih untuk menggunakan transportasi umum karena waktu kunjung yang terbatas. London adalah salah satu kota tersibuk didunia, udahlah cuma 5 hari masa mau diabisin dengan bermacet-macet ria didalam mobil? Selain itu, kami ingin merasakan suasana dan gaya hidup masyarakat di negara ini. We want to live like a local in London. Melalui cara ini kami dapat berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat setempat. Dengan cara ini kami berhasil membuktikan bahwa apa yang tersebar di facebook tidaklah benar adanya. Sepengalaman saya, mereka tidak rasis dan cukup ramah. Bahkan saat kami bingung membaca jalur tube, beberapa dari mereka tidak segan menawarkan bantuan untuk mencari kereta yang tepat.

It is better to see something once, than to hear it a thousand times.

 

Leave a Reply

About Me
Ayu Tanimoto
I'm Young, I'm Mom, I'm Proud!
My Tweet